ALMULUKNEWS.COM.AMBON- Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru, melaksanakan kegiatan penyuluhan rutin di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buru, Jumat, (26/07/2024). Tim penyuluh yang terdiri dari Pusenda F. Kaya, S.Si., Pendeta Carolis Y. M. Tupan, S.Th., Cecilia Komul, dan Alexander Amisi fokus memberikan bimbingan kepada warga binaan BPS Kabupaten Buru.

Pendeta Carolis Y. M. Tupan menyampaikan Firman Tuhan dari Matius 25:2-13. Ia mengajak para warga binaan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang cerdas dalam menjalani kehidupan dengan penuh kejujuran dan kebijaksanaan. “Harus cerdas dalam menjalani hidup, sebab orang yang cerdas hidup adalah orang yang menghargai proses dan menemukan nilai pengampunan dari setiap proses itu,” ujar Pendeta Carolis

Menurutnya pentingnya nilai kejujuran yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam menjalankan tanggung jawab yang dipercayakan. Selain itu, Pendeta Carolis juga menekankan pentingnya kebijaksanaan dalam mengambil keputusan, baik untuk diri sendiri maupun dalam melaksanakan tanggung jawab dalam pekerjaan.

Dijelaskan warga binaan menjalani proses hidup dengan bijaksana, baik dalam keluarga, lingkungan tempat tinggal, maupun di tempat kerja. “Tuhan mempercayakan kita untuk menjalani hidup ini dengan baik dan sesuai dengan arahan-Nya agar hidup kita berdampak bagi orang lain. Apa yang ditentukan Tuhan bagi kita tidak selamanya baik-baik saja.” ujarnya

Sebagai umat yang meyakini kepercayaan kristiani harus memiliki hati dan pikiran yang tertuju kepada Tuhan sehingga dapat menjadi bijaksana dalam hidup dan tindakan sehari-hari.“Karena akan ada kerikil tajam dan duri di jalan hidup yang kita lalui bersama-Nya. Semua itu bukan karena Dia ingin kita sakit atau terluka, melainkan menjadikan kita pribadi yang dewasa, bijak, dan tahan uji.” jelas Carolis (***)