ALNEWS.AMBON, — Personel Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku, Polresta Ambon dan Polsek Salahutu mengamankan jalannya kampanye tatap muka Calon Anggota DPR-RI di BTN Waitatiri, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (16/12/23).

Kampanye Calon Anggota DPR-RI asal Partai Amanat Nasional ini menghadirkan massa kurang lebih 50 orang.

Pengamanan kampanye dipimpin Kanit Samapta Polsek Salahutu, Aiptu Izac Kaicily, yang turut dihadiri Satgas Gakkum Salawaku dan Subsatgas Peliputan Satgas Humas Polda Maluku.

Kapolsek Salahutu Iptu Ismail, melalui Kanit Samapta Polsek Salahutu Aiptu Izac Kaicily menjelaskan, setiap kampanye terbuka yang dilaksanakan di wilayah hukum Polsek Salahutu akan dilakukan pengamanan. Selain untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, tapi juga mendukung agar pelaksanaan kampanye dapat berjalan lancar, aman dan damai.

Ia menegaskan, kepolisian bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye agar proses demokrasi berlangsung dengan damai serta tidak terganggu oleh tindakan kekerasan atau ancaman.

Kegiatan pengamanan juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kriminalitas, seperti penipuan pemilihan, intimidasi, atau gangguan terhadap peserta kampanye.

Polisi lanjut dia, berperan dalam melindungi hak setiap warga negara Indonesia untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi tanpa adanya ancaman atau tekanan dari pihak tertentu.

“Dalam pengamanan kampanye kali ini, kami juga berperan untuk menanggulangi potensi kerawanan konflik. Dengan kehadiran Polisi, potensi konflik antar pendukung partai politik atau kelompok tertentu dapat dihindari dan mencegah eskalasi kekerasan yang terjadi selama kampanye berlangsung.”

Ia mengaku pentingnya pengamanan dalam kampanye politik untuk memastikan proses demokrasi dan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai. “Kita ingin semua pihak dapat bersama-sama berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pemilu 2024,” tutup dia. (MA)