ALMULUKNEWS.COM_AMBON – Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama Wilayah Maluku, Dr. Yamin, S.Ag., M.Pd.I., mengatakan bahwa NU sebagai organisasi yang menghimpun seluruh potensi Nahdliyin di Maluku akan melakukan akselerasi bersama pemerintah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, untuk mendorong kemajuan pembangunan demi kemaslahatan umat.

“Kami telah mendapat amanah dari warga Nahdliyin di Provinsi Maluku. Amanah ini merupakan suatu kehormatan. Berkhidmat di NU sangat penting, dan hal tersebut akan dilakukan melalui akselerasi bersama pemerintah dengan melahirkan program yang bermanfaat bagi kepentingan umat di Provinsi Maluku,” demikian disampaikan Dr. Yamin, S.Ag., M.Pd.I. dalam sambutannya pada acara pelantikan dan rapat kerja wilayah NU Maluku yang berlangsung di Ballroom Natsepa Ambon, Kamis, 3 Oktober.

Pengabdian di NU membutuhkan komitmen. Tantangan ini menuntut keikhlasan dan kerja sama yang baik antara seluruh elemen yang ada dalam organisasi untuk berkhidmat secara berjamaah atau bersama-sama. “Konsolidasi antara seluruh elemen, mulai dari tingkat wilayah hingga ranting, harus dimaksimalkan. Peran bersama inilah yang diharapkan mampu membawa perubahan dan mengefektifkan pengembangan program NU di Provinsi Maluku,” ujar Yamin.

Sejumlah program saat ini telah dirancang bersama dan akan diimplementasikan melalui akselerasi umat bersama pemerintah daerah. Pengurus Wilayah NU Maluku telah merancang program di masing-masing bidang, mulai dari kegiatan dakwah, pendidikan, kesehatan, harmonisasi keumatan, hingga dukungan terhadap program pemerintah lainnya yang bertujuan menyejahterakan masyarakat di wilayah ini. “Itu sebabnya, dalam kepengurusan kali ini, kami berkomitmen untuk menyusun beberapa program yang konkret dan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Sebagai Ketua Wilayah, Yamin meminta agar program akselerasi umat ini mendapat dukungan dari PBNU pusat dan pemerintah daerah. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), dan seluruh unsur pimpinan PBNU yang telah bersedia hadir dalam agenda pelantikan ini.

“Oleh karena itu, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum PBNU, Sekjen PBNU, dan seluruh unsur pimpinan PBNU yang telah memberikan arahan dan dukungan selama ini. Bahkan di tengah kesibukan, mereka berkenan datang langsung untuk melantik kami,” ujar Yamin.

Untuk diketahui, Selian Ketu PB NU Gus Yahya hadir juga dalam agenda ini Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf; Katib Aam PBNU, KH. Ahmad Said Asrori; Wakil Ketua Umum PBNU, KH. Zulfa Mustofa; Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadli Ie; serta seluruh pimpinan organisasi daerah (*)