ALMULUKNEWS.COM, AMBON, — Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si, para Wakil Rektor dan para Dekan menerima kunjungan Dr. Wendelien Tuijp, M.Sc Staff Member of Centre of International Cooperation and Program Manager for the VU Indonesia Network Program, serta Prof. Dr. Fridus Steijlen, Visiting Professor Universitas Pattimura, Emeritus Professor Vrije Universiteit and Honorary Fellow KITLV, ke kampus hijau IAIN Ambon, Senin, 12 Februari 2024.

Kunjungan kedua akademisi asal Belanda yang difasilitasi oleh Pusat Pengembangan Bahasa dan Lembaga Kerjasama Internasional IAIN Ambon ini, dalam rangka menjajaki kerjasama internasional dengan pihak IAIN Ambon.

Rektor, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si meyambut gembira kedatangan kedua akademisi asal Negara Belanda ini di kampus IAIN Ambon. Ia menyampaikan program kerjasama internasional yang telah diprogramkan ke depan, salah satunya, rencana kunjungan ke berbagai perguruan tinggi ternama, di Eropa dan Amerika. Rencana kunjungan ke Eropa dan Amerika ini, dalam rangka memperkuat kerjasama internasional baik pada bidan akademik, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Misalnya, menjajaki kerjasama pertukaran mahasiswa luar negeri, sebagai tindaklanjut dari program transformasi menuju Universitas Islam Negeri Abdul Muthalib Sangaji Ambon (UIN AMSA).

Dijelaskan pula, bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi, transformasi kampus IAIN Ambon menjadi Universitas Islam Negeri akan terealisasi. Transformasi ini meniscayakan, posisi IAIN Ambon dalam pengembangan bidang akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, ke depan akan sama dengan Universitas Pattimura. Terkait hal ini pula, IAIN Ambon telah memiliki sejumlah program studi umum, yang menerima mahasiswa dari berbagai latar agama.

Terkini, lanjut Rektor, IAIN Ambon memiliki tiga program studi umum baru, yakni, Program Studi S1 Sistem Informasi, S1 Informatika dan S1 Statistik. Tiga Prodi baru ini, sekaligus menambah Prodi umum lainnya yang sudah ada, seperti Jurnalistik, Pendidikan Biologi serta Pendidikan Matematika.

Menanggapi penjelasan Rektor IAIN Ambon, Staff Member of Centre of International Cooperation and Program Manager for the VU Indonesia Network Program, Dr. Wendelien Tuijp, M.Sc mengaku bersedia untuk menjalin kerjasama formal dengan IAIN Ambon ke depan. Apalagi, kalau ditindalanjuti dengan rencana kunjungan ke Belanda. Kata dia, kerjasama ini akan semakin mudah dan kuat untuk peningkatan pendidikan di IAIN Ambon, baik SDM maupun pengembangan akademiknya.

Ditambahkan Dr. Wendelien Tuijp, rencana kerjasama dengan IAIN Ambon akan berjalan baik, karena Maluku memiliki historis yang kuat dengan Belanda, apalagi kerjasamanya di bidang sosial, budaya, sejarah dan agama.

Para pimpinan yang ikut dalam pertemuan ini, Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si., Wakil Rektor I, Prof. Dr. Adam Latuconsina, M.Si., Wakil Rektor II, Dr. Ismail Tuanany, MM., Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. La Jamaa, MH.I., Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Anang Kabalmay, MH., Dekan Fakultas Uswah, Dr. Moh. Yamin Rumra, M.Si., Dekan FITK, Dr. Ridhwan Latuapo, M.Pd., Wakil Dekan II FEBI, Dr. Rajab, M.Ag., Kabiro AUAK IAIN Ambon, Jamaludin Bugis, S.Ag., M.Pd, serta Ketua LPM IAIN Ambon, Dr. Abidin Wakano, M.Ag, Kapus Bahasa, Jamila Lasaiba, M.Pd., Kapus Pengabdian kepada Masyarakat LPM, Nurlaila Sopamena, M.Pd., Kepala Lembaga Kerjasama Internasional IAIN Ambon, Dr. Nasarudin Umar, MH.(AL)