Wakapolda) Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, bersalaman dengan orang tua Casis usai Sidang Penetapan Kelulusan di Kantor Polda Maluku, Jumat, (15/12/23).

Foto : Humas Polda Maluku

ALNEWS, AMBON, — Sedikitnya 16 pemuda-pemudi asal Malulu dinyatakan lolos seleksi menjadi anggota Polisi Republik Indonesia (Polri) melalui Kepolisian Daerah (Polda) Maluku.

16 putra-putri terbaik asal Maluku ini dinyatakan lolos seleksi dan siap untuk mengikuti pendidikan Polri, setelah diumumkan Wakil Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, dalam Sidang Terbuka Penetapan Kelulusan Akhir Penyelenggaraan Rekruitmen Proaktif Bintara Polri Tahun Anggaran 2023 Panda Maluku, di Ruang Rapat Utama Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Kamis, (14/12/23). Hadir dalam Sidang Pantukhir tersebut, para Casis dan orang tuanya.

Wakapolda Maluku meminta para Casis yang terpilih dapat mempersiapkan fisik dan mentalnya, dalam menghadapi pendidikan pembentukan Bintara Polri. Sehingga itu, para Casis diingatkan untuk menghindari segala bentuk pelanggaran, saat menunggu waktu pendidikan pembentukan Bintara Polri.

“Saya ingatkan di masa libur panjang nanti, harus bisa menjaga diri jangan sampai ada mengendarai motor lalu terjadi laka lantas. Sangat fatal dan merugikan diri kalian sendiri, apalagi sampai kalian melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti tauran dan perkelahian akibat mengkonsumsi miras,” pesan Wakapolda mengingatkan.

Pelanggaran yang dilakukan sekecil apapun akan merugikan diri sendiri termasuk keluarga. Karena secara otomatis kalian langsung dikeluarkan dan tidak mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri di tahun 2024 mendatang.

“Saya selaku Wakapolda menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara seleksi baik yang internal maupun yang dari eksternal atas kontribusi dan dukungannya hingga proses seleksi Bintara Rekpro dapat berjalan dengan lancar hingga pada tahapan Pantukhir ini.”

Para Casis yang dinyatakan Lolos Bintara Polri bersama orang tuanya di Ruang Rapat Utama Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Jumat, (15/12/23)

Foto: Humas Polda Maluku

“Semoga apa yang sudah kita lakukan akan berbuah kebaikan kepada kita semua, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan kekuatan kepada kita semua dalam menjalankan tugas untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara,” pungkasanya.

Usai pelaksanaan sidang Wakapolda Maluku kemudian menemui Casis dan para orang tua. Ia kemudian menyalami mereka dan memberikan semangat kepada para Casis yang dinyatakan lulus tidak terpilih.

“Yang dinyatakan tidak lulus jangan berkecil hati karena waktu masih panjang, kalian masih bisa mengikuti seleksi di tahun 2024 nanti. Olehnya itu tetap jaga kesehatan dan fisik kalian serta hindari pelanggaran karena masa depan kalian masih panjang. Tetap sabar dan berbesar hati,” pinta Wakapolda.

Saat memimpin sidang Pantukhir, Wakapolda Maluku didampingi Karo SDM, Kombes Pol Bony J. Sirait, dan Auditor tingkat III Itwasda Maluku, Kombes Pol Sigit N. Hidayat. (ma)