ALMULUKNEWS.COM, BURU, — Pusat Kajian Musi Islam (PKMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon berkolaborasi dengan dua dosen pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), mengadakan kegiatan Literasi Terintegrasi di Pantai Baikolet, Desa Jikumerasa, Kabupaten Buru, dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2024.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala PKMI, Susi Hardila Latuconsina, M.Pd., dan diikuti 78 mahasiswa, dengan dua dosen pengampuh mata kuliah, Nanik Handayani, M.Hum., dan Wa Mirna, M.Pd.

Susi menjelaskan, PKM Literasi Terintegrasi Bahasa, Sastra, Budaya Maluku berbasis Multikultural dan Pementasan Drama ini bertujuan untuk, membangun kreativitas mahasiswa, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, pengenalan jurusan kepada mahasiswa baru, pembelajaran adat-istiadat di Kabupaten Buru, Wisata alam, Pementasan drama, Membangun keakraban antar mahasiswa, serta antara mahasiswa dan dosen, serta sosialisasi IAIN Ambon melalui berbagai kegiatan.

Literasi Terintegrasi ini diharapkan dapat memperkenal kampus IAIN Ambon kepada masyarakat di Buru, membantu mahasiswa berkolaborasi dengan masyarakat melalui berbagai kegiatan, memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga alam, budaya, dan semangat gotong royong, serta mempromosikan tempat wisata di Kabupaten Buru.

Sebagai penutup kata dia, kegiatan ini merupakan bagian dari program kuliah praktikum dan merupakan inisiatif mandiri dari dosen dan mahasiswa. “Kegiatan berlangsung dengan aman, lancar, dan tertib sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ujarnya.

PKM ini tidak hanya berfokus pada pengembangan akademis, tetapi juga pada pengembangan soft skills mahasiswa, melalui interaksi langsung dengan masyarakat dan alam sekitar. “Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang holistik, dan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah ke dalam kehidupan sehari-hari,” harap Susi. (AL)