ALMULUKNEWS.COM, PANGKAJENE, — Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Provinsi Sulawesi Selatan, resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU), yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Rabu, 10 Juli 2024.

Acara penandatanganan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dari kedua belah pihak, termasuk KaKandepag Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal A. Rahawarin, M.Si dalam sambutannya menyambut hangat dan gembiran kerjasama kedua lembaga antar provinsi ini, sembari menekankan, pentingnya pendidikan dalam pembangunan bangsa.

“Pendidikan adalah pilar utama dalam membangun bangsa yang kuat dan bermartabat. Melalui kerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Pangkep ini, kita berharap dapat mencetak guru-guru profesional yang mampu menghadapi tantangan pendidikan di era modern. Kami di IAIN Ambon berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kompetensi guru demi tercapainya tujuan tersebut,” pesan Rektor.

Sementara Ketua BAZNAS Kabupaten Pangkep, H. M. Arif Arfah, Lc., dalam sambutannya berharap, agar kerjasama ini dapat memberikan dampak positif bagi pendidikan di wilayah tersebut. “Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan kesempatan lebih luas bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka, sehingga dapat memberikan pendidikan yang lebih baik bagi generasi penerus bangsa,” harap dia.

Dekan FITK IAIN Ambon, Dr. Ridhwan Latuapo, M.Pd.I juga menambahkan, bahwa penandatanganan MoU ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. “Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan dampak positif dan nyata bagi pengembangan pendidikan di wilayah ini,” kata dia.

Selain penandatanganan MoU antara Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal A. Rahawarin, dengan Ketua BAZNAS Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, H. M. Arif Arfah, Lc, juga dilakukan penandatanganan PKS BAZNAZ dengan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon.

Kepala Kan Kemenag Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Nur Cholik, yang turut hadir dalam sambutannya menyambut gembira kerjasama kedua lembaga ini.

Harapan besar Nur Cholik, kerjasama ini selain memberikan manfaat untuk kaputen, tapi juga kedua provinsi, terkhususnya lagi kepada IAIN Ambon.

Acara dihadiri Wakil Rektor I IAIN Ambon, Prof. Dr. Adam Latuconsina, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Dr. Ridhwan Latuapo, M.Pd.I., Wakil Dekan I FITK, Dr. Hj. St. Jumaeda, M.Pd.I., Ketua Program Studi PPG A. Rahmat Abidin, M.Pd., dan Sekretaris Program Studi PPG Syamsuar Hamka, M.Pd.I. (AL)