ALNEWS, AMBON, — Jago merah membakar empat unit rumah warga di RT 02/RW 01, Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (15/12/23).

Apesnya, kebakaran ini menyebabkan Letnan Dua (Letda) Marthinus Supusama tutup usia, setelah dilarikan ke rumah sakit sekira Pukul 11.00 WIT.

Letda Marthinus yang berada di lokasi kejadian mengalami syncope dan terjatuh ke lantai, setelah mendengar adanya teriakan warga, akan kobaran api. Almarhum kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haulussy, yang berada di kawasan Kudamati, Kota Ambon, tak jauh dari lokasi kebakaran. Nahasnya, tak lama berada di rumah sakit, Letda Marthinus dikabarkan telah meninggal dunia.

Sementara kebakaran tersebut menimpa empat rumah warga; Keluarga Apolo Rinto, Marthen Rinto, Emi Rinto, dan Erwin Gondeng, plus tiga kios yang berada di lokasi kejadian.

Warga tak kuat menghadapi kobaran api yang kian membara. Lantaran, pemadaman dilakukan dengan peralatan yang terbatas. Tak lama setelah kebakaran, enan unit mobil Damkar dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon dikerahkan ke lokasi. Api berhasil dipadamkan atas kerja keras warga, aparat TNI dan Polri, serta petugas Dinas Kebakaran Ambon yang tiba di lokasi kejadian.

Dugaan sementara, api yang meluap bersumber dari arus pendek. Kebakaran ini menyebabkan kerugian hingga ratusan juta terhadap para korban.

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Janete S Luhukay, yang dihubungi wartawan melalui ponselnya membenarkan adanya kebakaran tersebut. Janete mengaku belum menerima laporan resmi akan kerugian dan korban di lokasi kejadian, sehingga belum dapat merincikan sebab, serta kerugian dari kejadian ini. (amc)