ALMULUKNEWS.COM, AMBON, — Rektor, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si beserta jajaran pimpinannya menerima kunjungan Direktur Intelkam Polda Maluku, Kombes Pol I Gede Arsana SH., SIK diruang kerjanya, Lantai 2 Gedung Rektorat IAIN Ambon, Senin, 12 Februari 2024.

Kedatangan Kombes Pol I Gede Arsana, dalam rangka mengajak pimpinan dan civitas IAIN Ambon untuk memperkuat peran Kamtibmas menjelang puncak pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung, Rabu, 14 Februari 2024 pekan ini.

Dikatakan, dinamika masyarakat menjelang puncak Pemilu cukup tinggi. Tak ayal, tingginya tingkat dinamika masyarakat baik di lingkungan warga maupun media sosial ini, dapat saja berdampak ke hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga, kampus yang menjadi corong pendidikan, dapat memainkan peran bersama-sama untuk menciptakan lingkungan yang dinamis dan sosial, sehingga pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 berlangsung aman, tertib dan damai.

Merespon kunjungan Direktur Intelkam Polda Maluku, Kombes Pol I Gede Arsana, Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si menyambut senang dan bahagia, karena keterlibatan semua pihak, melalui koordinasi intensif Dir Intelkam Polda Maluku, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bersama, khususnya terkait Kamtibmas.

Rektor menyadari betul, bahwa Maluku merupakan daerah yang pernah dilanda konflik horisontal, sehingga melakukan pencegahan dini dengan peningkatan koordinasi antar sesama tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan serta tokoh pemuda, merupakan hal penting dilakukan. Sehingga, semua hal yang dapat menimbulkan konflik baik dalam skala kecil maupun besar, dapat dicegah dari sekarang. Sebab, konflik hanya akan menimbulkan kesengsaraan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ia meminta kepada seluruh pimpinan yang ikut dalam pertemuan ini, agar sama-sama mengambil peran dengan memberikan imbauan baik kepada lingkungan kerjanya, maupun lingkungan tempat tinggalnya, untuk ikut dalam menjaga Kamtibmas menjelang puncak Pemilu pada 14 Februari 2024. Sehingga diharapkan, Pemilu yang akan berlangsung besok, dapat terlaksana dengan aman dan damai, jujur serta adil, untuk melahirkan pimpinan demi kemajuan bangsa dan negara di masa mendatang.

Para pimpinan yang ikut dalam pertemuan ini, turut memberikan pandangan kepada Dir Intelkam Polda Maluku agar ikut bersama-sama melakukan pencegahan dini, dari hal-hal yang tidak diingikan bersama terkait Kamtibmas, baik di lingkungan kampus IAIN Ambon, Kota Ambon serta Maluku secara umum.

Para pimpinan yang ikut dalam pertemuan ini, Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si., Wakil Rektor I, Prof. Dr. Adam Latuconsina, M.Si., Wakil Rektor II, Dr. Ismail Tuanany, MM., Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. La Jamaa, MH.I., Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Anang Kabalmay, MH., Dekan Fakultas Uswah, Dr. Moh. Yamin Rumra, M.Si., Dekan FITK, Dr. Ridhwan Latuapo, M.Pd., Wakil Dekan II FEBI, Dr. Rajab, M.Ag., Kabiro AUAK IAIN Ambon, Jamaludin Bugis, S.Ag., M.Pd, serta Ketua LPM IAIN Ambon, Dr. Abidin Wakano, M.Ag.(***)

  • Editor: Hen554
  • Report : Yusuf Samanery