ALMULUKNEWS.COM_AMBON – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Dr. H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I, menerima kunjungan dari Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku, Rasono, yang didampingi oleh Korwas Bidang Instansi Pemerintahan Pusat, Muhammad Muhsin, pada Rabu (28/08).

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kerja antara kedua lembaga dan menyamakan persepsi terkait tugas dan fungsi masing-masing dalam mendukung pembangunan di Maluku.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku, Jln. Jend. Sudirman, Kota Ambon, ini membahas berbagai agenda penting, termasuk upaya meningkatkan sinergi antara BPKP dan Kemenag Maluku dalam mengawasi dan mendukung pembangunan di daerah ini.

Rasono mengatakan koordinasi yang baik antara kedua lembaga akan semakin memperkuat kinerja mereka dalam menjalankan tugas di Maluku.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil yang telah menerima kunjungan ini dengan sangat baik. Tujuan utama dari silaturahmi ini adalah untuk mempererat hubungan dan koordinasi antara BPKP dan Kemenag Maluku, agar kita bisa bekerja sama lebih baik ke depannya,” ujar Rasono.

Dr. H. Yamin juga menekankan pentingnya sinergitas antara BPKP dan Kemenag Maluku, meskipun kedua lembaga memiliki peran yang berbeda. Menurutnya, meskipun berbeda secara kelembagaan, tujuan utama mereka tetap sama, yaitu memajukan pembangunan di Maluku.

“Meskipun peran kita berbeda, tanggung jawab kita sama, yaitu memastikan daerah ini maju dan berkembang dalam perspektif pembangunan,” jelas Dr. Yamin, yang juga merupakan alumni program doktoral Universitas Pattimura Ambon.

Dalam diskusi yang berlangsung, Kakanwil menyoroti tantangan geografis Maluku yang terdiri dari banyak pulau, yang seringkali menjadi kendala dalam memajukan pembangunan di daerah ini. Ia mengharapkan agar seluruh ASN yang bertugas di wilayah terluar Maluku tetap bersemangat dalam menjalankan tugas mereka demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, Rasono, dan Korwas Bidang Instansi Pemerintahan Pusat, Muhammad Muhsin, yang telah hadir bersilaturahmi hari ini. Saya berharap hubungan antara kedua lembaga semakin baik dan kokoh,” ungkap Dr. H. Yamin. (***)