PBAK, --- Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si membuka PBAK via zoom dari Sarawak, Malaysia, Selasa, 27 Agustus 2024.

ALMULUKNEWS.COM, AMBON, — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2024. PBAK dengan tema “Wujudkan moderasi, perkuat persatuan untuk kemanusiaan dan peradaban”, berlangsung di Gedung Auditorium IAIN Ambon.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si melalui zoom dari Sarawak, Malaysia, pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Pasalnya, bersamaan dengan kegiatan ini, Rektor IAIN Ambon sedang melaksanakan penandatanganan kerjasama internasional antara IAIN Ambon dengan UNIMAS di Sarawak, Malaysia.

Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh mahasiswa baru, yang telah menjadikan IAIN Ambon sebagai kampus untuk menimba ilmu kesarjanaan.

Dikatakan Rektor, para mahasiswa baru tidak salah memilih IAIN Ambon sebagai kampus untuk melanjutkan studi, karena kampus ini tidak lama lagi akan beralih menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Abdul Muthalib Sangaji, yang secara langsung, para mahasiswa akan menikmati peralihan tersebut, dengan berbagai fasilitas megah yang tengah disiapkan untuk menyambut transformasi perubahan tersebut.

PBAK kata Rektor, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru, termasuk tahun akademik 2024. “PBAK ini sangat penting bagi mahasiswa baru, untuk mengenal lebih dekat keberadaan kampus, model dan sistem pelayanan akademik, beserta seluruh sistem yang akan dilalui para mahasiswa selama melaksanakan kuliah nanti.”

Lewat PBAK juga, mahasiswa baru akan saling mengenal baik sesama mahasiswa, pimpinan kampus, mulai dari tingkat institut, fakultas, program studi maupun pusat kelembagaan, termasuk organisasi intra kampus. Ia menekankan, PBAK bukan semata kegiatan serimonial, tapi lebih berorientasi kepada kegiatan akademik.

Dari itu, Rektor berharap agar para mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat IAIN Ambon sebelum memulai aktifitas perkuliahan. “Dan, Insha Allah pada waktu yang tidak lama lagi, para mahasiswa baru ini akan menikmati nama baru kampus, yakni Universitas Islam Negeri Abdul Muthalib Sangaji Ambon. Selanjutnya, bersamaan dengan perubahan status, kita terus menggenjot pembangunan IAIN Ambon pada semua aspek, akademik, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk adanya kerjasama internasional dengan UNIMAS, yang menjadi salah satu dari 10 kampus terbaik di Malaysia,” tutup Rektor.

Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Ambon, Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd dalam laporannya menjelaskan, PBAK ini diikuti seluruh mahasiswa baru program sarjana yang telah melakukan heregistrasi dengan jumlah 662 mahasiswa, dengan rincian; Fakultas Syariah 63 mahasiswa, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah 187 mahasiswa, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 310 mahasiswa, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 102 mahasiswa.

PBAK bertujuan untuk membimbing dan memperkenalkan kampus IAIN Ambon kepada mahasiswa baru sesuai dengan visi dan misi kampus.

Ia melaporkan, kegiatan PBAK ini melibatkan seluruh pimpinan dan pengurus organisasi intra kampus, mulai dari Dewan Mahasiswa, Senat Fakultas, maupun seluruh UKM : Resimen, Racana Al-Mulk atau Pramuka, Mahipala, KSR-PMI, LDK Al-Izzah, UKM Olahraga, maupun UKM Pers, serta keamanan kampus dan pihak cleaning service, serta para dosen yang menempati posisi sebagai steering committe.

PBAK tutup Faqih, diadakan selama tiga hari, sejak hari Senin, 26 Agustus 2024 sampai 28 Agustus 2024. Hari pertama untuk Pra PBAK, dan dua hari untuk kegiatan PBAK. (AL)